12 November 2008

Hati-Hati Sama Migrain


share this:
Jangan pernah menganggap sakit kepala sebagai gangguan biasa dan tidak terlalu serius. Soalnya bisa berabe...! kamu pernah ngalamin sakit kepala nggak? Trus apa yang kamu lakukan untuk mengatasinya?

Emang sih penyebab sakit kepala itu dibagi menjadi 2, yaitu sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder. Sakit kepala primer terdiri dari sakit kepala menekan dan migrain. Sedangkan sakit kepala sekunder merupakan sakit kepala yang disebabkan oleh proses pada otak. Misalnya tumor, infeksi di otak ataupun pendarahan. Tapi yang biasanya sering dikeluhkan sama kita-kita adalah sakit kepala menekan dan migrain.


Kamu tau nggak, migrain itu penyakit apaan? Migrain itu salah satu bentuk sakit kepala yang dimulai pada satu sisi dan menetap, berdenyut disertai mual dan muntah. Trus kalo kamu membungkuk maka mual dan muntah akan bertambah berat. Perlu kamu ketahui, ciri-ciri akan terjadi migrain biasanya dimulai oleh bintik-bintik dan kilatan cahaya. Trus migrain itu kerap terjadi karena stress dan frustasi. Kadang juga dibarengi oleh jantung berdebar, pusing lihat orang banyak, kembun, cepat marah, gampang tersinggung, cenderung depresif dan susah tidur. (nah, hati-hati buat kamu yang susah tidur...)

Mau tau faktor apa aja yang dapat menimbulkan migrain? Ada 2 macam faktor, yaitu :
1. Faktor Internal
Peningkatan hormon pada siklus menstruasi, keturunan dan perubahan metabolisme otak.
2. Faktor Eksternal
Terjadi karena stress, terlambat makan, ketinggian, perubahan cuaca, kelelahan, terlalu banyak tidur, ada juga karena obat-obatan ataupun jenis makanan (bahan-bahan makanan yang di-ragi, diasinkan, diasamkan, dan juga diasap)

Yang perlu dicatet nich... bahwa kurang lebih 70% penderita migrain adalah kamu-kamu yang ngerasa kaum cewek, yang biasanya mengalami menstruasi.

Nah ini dia, cara penanggulangannya bila migrain menyerang :
1. kompres dengan air dingin kira-kira 10 menit. Lalu istirahat sekitar 20 menit lalu ulangi kembali
2. bila muntah, banyaklah minum terutama soda
3. melindungi mata dari cahaya
4. obat juga perlu dikonsumsi kalo dapat ngilangin rasa sakit

OK dech,... C U next time, buat kalian yang sering ngalamin migrain, hati-hati aja deh...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan di-kasih Komentar,
NO SARA Please... Terima Kasih...