29 Desember 2008

Aromaterapi


share this:
Banyak dari kita yang sudah mengenal istilah aromaterapi, tapi apa yang disebut aromaterapi itu? Sesuai dengan namanya yang terdapat kata terapi, aromaterapi berarti pengobatan dengan menggunakan aroma atau bau-bauan yang wangi. Konon wangi-wangian dipercaya mampu membangkitkan semangat, menimbulkan rasa nyaman, bahkan bikin adem hati yang lagi panas.

Dalam ilmu kedokteran disebutkan bahwa apabila indera penciuman (hidung) menerima bau wangi maka akan memberikan reaksi pada otak dengan berubahnya aliran gelombang otak. Aroma yang kalem seperti aroma lavender membuat gelombang otak lebih santai. Kadang di waktu atau tempat tertentu kita mencium bau apa itu, tapi mengenal bau itu, terus kita langsung teringat atau terkenang suatu kejadian di masa lalu. Itu menandakan bahwa bau-bauan bisa membawa perasaan atau ingatan kita akan sesuatu.


Sekarang tinggal bagaimana kita memanfaatkan aroma atau wangi-wangian itu dalam kehidupan kita. Pada saat tertentu maka kita membutuhkan aroma tertentu pula.

1. Aroma Jeruk/Jeruk Nipis

Segar dan tajam, itulah aroma yang ditebarkan jeruk/ jeruk nipis, aroma sangat efektif buat yang perasaannya lagi sedih, wanginya membuat perasaan jadi nyaman dan santai.

2. Aroma Lavender
Aroma lavender yang sangat lembut memiliki efek yang sama seperti pada aroma jeruk, ia bisa memberikan rasa tenang. Tapi kelebihan aroma levender adalah aroma yang bekerja langsung menuju jantung. Selain rasa tenang yang diberikan oleh aroma ini, ia juga bisa memberikan kesegaran bernafas, sehingga didapat rasa yang benar-benar menenangkan, dan juga bisa membuat meningkatkan akan kontrol diri.

3. Aroma Ylang-Ylang
Baunya yang harum seperti bunga negeri tropis, selain aromanya bisa bikin tenag, ia juga bisa membuat kita lebih kreatif serta mampu meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi.

4. Aroma Lemon
Lemon memiliki aroma yang tajam dan segar, aromanya bisa membuat mata jadi melek, pikiran jadi jernih, konsentrasi bisa fokus. Bagi yang suka ngantuk waktu pelajaran atau bekerja, coba saja hisap aromanya dan nikmati kesegarannya. Efek yang sama juga bisa didapat dari aroma peppermint yang memiliki wangi menthol.

5. Aroma Chamomile

Aroma yang manis dan lembut membuat perasaan jadi adem. Perasaan marah, jengkel dan kesal bisa hilang dan jadi tenang denga menghirup aroma ini. Nggak percaya? Coba aja…!

Sekarang banyak ditemui produk-produk aroma terapi di pasaran. Mungkin kita akan mendapati aroma yang sama persis. Tapi kalau dibandingkan manfaat atau efek yang ditimbulkan, sari tanaman yang murni (essential oil) akan memberikan manfaat yang lebih maksimal. Apalagi kalau tanaman tersebut didapat dari halaman rumah sendiri. Selain untuk penghijauan juga akan memberikan kesan indah di lingkungan rumah kita. Dan yang pasti mendapat kesejukan dari aroma tanaman itu sendiri…

1 komentar:

  1. Assalamualaikum dan salam sejahtera,

    Kami merupakan pengeluar utama di Malaysia bagi produk minyak pati (essential oil), produk hasilan minyak pati (essential oil-based products) dan juga ekstrak herba dari herba-herba tempatan. Pencapaian kami setakat ini mencerminkan kerjasama erat dengan trend industri ini dan nilai produk-produk herba asli kepada pelanggan-pelanggan kami.

    Kini kami sedang mencari rakan niaga selaras dengan mengambil peluang potensi pasaran terkini. Pakatan strategik dengan syarikat tuan/puan diharapkan dapat membantu kedua-dua belah pihak untuk meningkatkan nilai tambah syarikat bagi menjamin keuntungan berterusan kepada syarikat.

    Sedikit makluman mengenai syarikat kami; Tropical Bioessence Sdn. Bhd. bermula dengan operasi perniagaan bercorak Kajian-Pembangunan-Pengkomersilan pada Mac 2005 di Institut Bioteknologi Melaka. Syarikat dan kilang kami telah beroperasi selama dua tahun dan kini menjadi salah satu pembekal utama ekstrak herba tumbuh-tumbahan dan aromaterapi.

    Syarikat kami kini mempunyai status BioNexus daripada Malaysian Biotechnology Corporation Sdn. Bhd. Kilang pengeluaran kami juga mempunyai pensijilan Halal daripada Jabatan Agama Islam Melaka (JAIM). Kami juga merupakan satu-satunya kilang pengeluaran herba dan ekstrak di Malaysia, produk Muslim dan syarikat Bumiputera terulung di Malaysia.

    Syarikat kami mempunyai mesin sistem pengeluaran yang terkini. Sistem pengeluaran kilang kami menggunakan mesin automatik sepenuhnya dengan secara langsung menjamin kebersihan, kesucian dan kecekapan pada setiap hasil keluaran syarikat kami.

    Antara peralatan pengeluaran kami termasuklah mesin steam distillation, multipurpose extractor, water extractor, spray dryer, oven dryer, milling, blending dan bottling equipment.

    Oleh yang demikian kami menawarkan pihak tuan pakatan strategik bagi pengeluaran produk melalui pengilangan kontrak (contract manufacturing) melalui rangkaian produk seperti :

    - Essential oil
    - Blended oil
    - Massage oil
    - Essential oil-based liquid hand soap
    - Essential oil-based shower gel and shampoo

    Kami juga menawarkan kontrak perkhidmatan untuk (contract services) untuk rangkaian produk seperti berikut;

    - Extraction of essential oil
    - Blending oil and bottling
    - Extraction of herbal extracts

    Adalah diharapkan pihak tuan dapat menimbangkan pelawaan ini dan dapat menghubungi kami dalam jangkamasa terdekat ini.

    Ikhlas…

    Rosdi Talib
    Tropical Bioessence

    Marketing Office :
    Tropical Bioessence Marketing,
    No 88 Jalan TU2,
    Taman Tasik Utama,
    Hang Tuah Jaya,
    75450 Ayer Keroh,
    Melaka, Malaysia.

    Manufacturing Office :
    Tropical Bioessence Sdn. Bhd.,
    No. ST 519, Jalan Tunas Baru,
    Seksyen 1/4, Kawasan Perindustrian MIEL,
    78300 Masjid Tanah,
    Melaka, Malaysia.

    Tel : +06-2324188/+606 2323500
    Fax : +606 2323 887
    Email : aromasutra@live.com
    Blog : http://sutraessential.blogspot.com/
    Website : http://www.sutraessential.com/

    BalasHapus

Silahkan di-kasih Komentar,
NO SARA Please... Terima Kasih...